Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Golongan Narkotika dan Bahayanya untuk Tubuh Versi SehatQ.com

Narkotika merupakan obat ataupun zat yang berasal dari tanaman dan bukan tanaman. Baik itu sintetis maupun semi sintetis. Penggunaan narkotika tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami perubahan kesadaran, hingga hilangnya rasa. Terdapat pula golongan narkotika yang perlu Anda ketahui.

Golongan Narkotika yang Perlu Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa efek samping yang bisa menyebabkan seseorang mengalami ketergantungan obat atau zat narkotika. Efek samping yang dialami tersebut tentu berbeda-beda satu sama lain berdasarkan golongannya. Berikut beberapa golongannya:

1.  Narkotika Golongan I

Narkotika golongan yang satu ini hanya bisa digunakan dengan tujuan pengembangan ilmu pengetahuan. Narkotika yang termasuk dari golongan ini tidak digunakan dalam terapi pasalnya dapat memiliki potensi ketergantungan kepada seseorang dengan sangat tinggi.

Golongan Narkotika

Hanya saja, tidak semua jenis narkotika tergolong sebagai golongan I. Lantas, apa saja jenis narkotika yang termasuk dalam Golongan I. Diantaranya seperti ganja, opium, daun kokain, kokain, heroin, jicing, ekstasi, katinon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2.  Narkotika Golongan II

Golongan yang ke II dari narkotika ini pada dasarnya memiliki khasiat dalam pengobatan tertentu. Akan tetapi, hal tersebut menjadi pilihan terakhir saat ingin digunakan. Selain itu, narkotika golongan ini juga digunakan untuk terapi ataupun tujuan pengembangan ilmu pengetahuan.

Seperti pada jenis narkotika pada umumnya, narkotika yang tergolong ini juga memiliki potensi tinggi mengakibatkan seseorang menjadi ketergantungan. Beberapa diantaranya seperti metadon, petidin, morfin, fentanil, dan yang lainnya.

3.  Narkotika Golongan III

Terakhir adalah golongan narkotika yang ke II. Umumnya narkotika yang termasuk pada golongan ini digunakan untuk membantu proses rehabilitasi. Narkotika ini juga dapat digunakan dengan tujuan pengembangan ilmu pengetahuan.

Berbeda dengan dua golongan lainnya, narkotika pada golongan III ini memiliki potensi ketergantungan yang jauh lebih ringan. Adapun yang termasuk dari golongan III adalah narkotika jenis kodeina, propiram, polkodina, etilmorfina, difenoksilat, buprenorfin, nikokodina, polkodina, dan lainnya.

Bahaya Penggunaan Narkotika untuk Tubuh

Pada dasarnya narkotika dapat menyebabkan beberapa bahaya untuk tubuh. Terlebih, penggunaan obat dan zat terlarang ini secara berkepanjangan dapat merusak sistem otak serta menyebabkan kecanduan. Selain itu, beberapa bahaya lainnya seperti berikut:

1.  Menurunkan Kesadaran

Salah satu bahaya penggunaan zat narkotika adalah dapat mengakibatkan menurunnya tingkat kesadaran seseorang. Tidak hanya itu saja, seseorang bahkan dapat mengalami kehilangan ingatan saat menggunakan obat terlarang tersebut.

Efek lain yang dapat ditimbulkan adalah membuat orang menjadi kebingungan, mengalami perubahan perilaku, mengganggu koordinasi tubuh, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa penggunaan zat atau obat-obatan ini dikategorikan sebagai berbahaya.

2.  Merusak Sel Otak

Bahaya lain yang dapat ditimbulkan dari penggunaan narkotika ini tentu sangat merugikan. Pasalnya, mengonsumsi narkotika secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan seseorang mengalami kerusakan sel-sel otak secara permanen.

Narkoba akan memaksa otak bekerja dengan lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut dilakukan dengan cara menekan saraf pusat serta memaksa diri untuk menjadi lebih tenang. Perubahan yang ada pada sel otak tersebut juga akan mengganggu komunikasi sel saraf.

Konsultasikan Kesehatan Anda pada SehatQ.com

Berbagai permasalahan hidup memang terkadang membuat seseorang memutuskan untuk menggunakan narkotika sehingga dapat menenangkan diri. Padahal, penyalahgunaan narkotika yang dilakukan dalam waktu berkepanjangan dapat menyebabkan seseorang terganggu kualitas hidupnya.

Agar terhindar dari penggunaan narkotika dan sejenisnya, sangat penting untuk memeriksakan diri kepada dokter melalui aplikasi SehatQ.com. Dengan begitu, setiap masalah kesehatan yang dikeluhkan dapat teratasi dengan baik. Anda juga bisa mendapatkan berbagai artikel kesehatan pada aplikasi tersebut.

Untuk itu, tidak ada salahnya langsung berkonsultasi kepada dokter agar Anda mendapatkan solusi dari kesehatan tanpa perlu menggunakan narkotika. Terlebih saat ini ada banyak golongan narkotika yang semuanya memiliki efek berbahaya untuk tubuh.

Posting Komentar untuk "Golongan Narkotika dan Bahayanya untuk Tubuh Versi SehatQ.com"